Monday, July 31, 2006

"BATMAN BEGINS"


Assalamualaikum….

teruntuk saudaraku...

Bagaimana kabar dirimu hari ini ?.., apapun kondisi fisikmu, semoga ruh dan hatimu senantiasa penuh dengan harumnya bunga-bunga di dalam taman hatimu. Langit di sini sedang mendung, ada kuasa sang awan hitam, menggelayut di angkasa biru. Entahlah, apa yang akan terjadi, hujan barangkali, tapi sungguh bagiku tidak terlalu penting apakah sebentar lagi sang bumi akan dibasahi tetes air hujan ataukah sang awan hitam akan segera menyingkir dari kuasa sang angkasa biru. Bagiku kini, hujan ataupun terang, sama-sama nikmat yang tak terkira indahnya, seindah pnciptaan ruhku, penciptaan jasadku dari tanah yang berwarna hitam.

Ijinkan hari ini aku mengetuk pintu hatimu, aku hanya ingin berbagi cerita denganmu. Walau engkau hanya bisa membisu, dan aku hanya bisa melihatmu tersenyum dalam bayang maya lamunanku. Aku ingin bercerita tentang sebuah Film berjudul “BATMAN BEGINS”, yang kemarin malam aku tonton. Kebetulan, ada teman kerjaku yang hobi buanget nonton film sekaligus koleksi VCD or DPD, dan dia baru saja membeli VCD original film “BATMAN BEGINS”. Akhirnya, aku justru yang nonton duluan daripada dia.

Thanks To My Friend, SoeHeri alias Dodi Revinaldo atas pinjaman VCD nya. Oh ia, kalau engkau membaca kembali tulisanku di awal Blog ku, aku pernah menuliskan nama dia. Dia memang orang pertama yang memperkenalkan aku dengan dunia Blog, sekaligus dialah yang telah membantuku membuatkan Blog, yang aku beri nama www.suara-nurani.blogspot.com Sekali lagi, Hatur Nuhun Pizan To SoeHeri, moga Tuhan senantiasa memberikan cahaya kedalam dadamu, semoga engkau juga segera menemukan Seorang Wanita yang engkau dambakan akan menjadi teman hidupmu. Sabar saja ya Brother, Allah pasti akan memberikan wanita yang terbaik untukmu, mempertemukanmu dengan seorang wanita yang akan menjadi Permaisurimu, Belahan Jiwamu, Ruh yang bersemayam dalam rongga dadamu. Terus berikhtiar dan Berdoa aja yah, sekalian doain aku juga!!!, soalnya nasib kita suama bro, he-he. Bagi yang ingin tahu siapa dan bagaimana profil temanku ini, bisa lihat di Blog dia www.Padasuatuketika.blogspot.com Yang jelas orangnya guanteng dan lucu, walau kayaknya sih, masih lebih guanteng dirikuh sedikit (he-he…walah narsis yah).

Bagiku, film terbaru si manusia kelelawar ini sangat bagus dan menyentuh sekali. Tidak semata ada bak-bik-buk pukulan dan tendangan, tidak juga semata ada dar-der-dor suara tembakan senjata api, atau tang-teng-tong suara benturan pedang panjang. Di film ini aku menangkap ada sejuta makna tentang kasih sayang seorang ayah dan ibu pada anak tercintanya, cinta dan pengabdian seorang anak pada orang tuanya, ketulusan dan kekuatan cinta, ketakutan sekaligus keberanian, kelemahan sekaligus heroisme dan semangat kepahlawanan, dendam dan memaafkan, kebencian sekaligus kebijaksanaan.

Film ini menceritakan si manusia kelelawar ketika masih kecil, kemudian ditinggal mati kedua orang tuanya yang dibunuh seorang penjahat, keprustasiannya menghadapi kehidupan dengan dendam membara sekaligus ketakutan yang menghimpit jiwa, awal kebangkitan ruh dan jiwanya dari keterpurukan, perang batin dan perjuangannya membela sebuah prinsip hidup yang dipegangnya, sampai perjuangan untuk menjadi seorang pemberani yang bisa mengalahkan dirinya sendiri sekaligus mengalahkan dan menghancurkan musuh-musuhnya yang akan menghancurkan hidupnya serta kota tercintanya, yang akan menghancurkan kemanusiaan dan cinta yang diagungkannya. Kemudian jadilah ia seorang laki-laki dewasa yang disebut “B A T M A N”.

Dengarkan dan resapi dialog antara Ayah Batman, Batman Kecil dan Albert (Pelayan Setianya) ketika batman kecil jatuh kedalam lobang sumur yang dipenuhi kelelawar :

Batman Kecil : “Aduh , Sakit ayah”.
Father : “Tidak apa-apa, kau akan baik-baik saja”.
Albert : “Jatuhnya tinggi sekali tuan ?, mengapa jatuhya bisa setinggi itu ?..”
Father : “Iya, jatuhnya memang sangat tinggi, dan itu tidak jadi masalah, karena ketika kita terjatuh, akan membuat kita bisa belajar untuk bangkit kembali”.

Resapi maknanya, rasakan aliran semangat dan kebijakan kehidupan tentang makna sebuah kejatuhan, “KETIKA TERJATUH, SESUNGGUHNYA HAL ITU MEMBERI KESEMPATAN AGAR KITA BISA BELAJAR UNTUK BANGKIT KEMBALI”.

Engkau mau tahu mengapa BATMAN menggunakan KELELAWAR sebagai simbol perjuangannya ?, padahal kelelawar adalah makhluk yang paling ditakutinya ?. Jawaban BATMAN adalah : “Makhluk ini adalah yang paling aku takuti dalam hidupku, kini saatnya aku menggunakan ketakutanku untuk mengalahkan diriku sendiri sekaligus untuk mengalahkan kejahatan yang ada disekitarku”. Iya, ketakutan kita pada sesuatu, apabila kita bisa menyikapinya dengan bijak, justru akan bisa menjadi sumber kekuatan kita yang paling besar.

Aku memang sangat suka dengan film-film yang menggambarkan sisi perjuangan, pengorbanan, kepahlawanan, heroisme, cinta, militansi dan perjuangan tokoh-tokohnya yang bahkan rela dirinya menderita bahkan walaupun harus sampai kehilangan nyawanya sendiri demi sebuah prinsip hidup yang diperjuangkannya, demi membela orang-orang yang dicintainya, demi negara yang mempercayainya, demi kehormatan dan kemuliaan diri dan prinsipnya. Film-Film seperti : The Last Samurai (Tom Kruis), Saving Private Rian (Tom Hank), Fearless (Jet Lee), The Myth (Jacky Chan), Batman Begins (Christian Bale), Ong-Bak (tentang petarung Thai Boxing), Thai Chi Master (Jet Lee), The Flying Dagger (Andy Lau). merupakan film-film yang sangat berkesan, sekaligus memberi inspirasi dalam menciptakan prinsip-prinsip kehidupanku. Oh iya, aku juga suka dengan serial TV yang di Indosiar itu lho, yang tokoh utamanya seorang juru masak bernama “JANG GEM”. Kalau judulnya lupa lagih. Kalau aku pulang kerja masih sore, aku pasti nongkrong di depan TV menyaksikan perjuangan si Jang Gem.

Disini, saat ini, hari tetaplah mendung, sang surya masih tetap tertutup kuasa sang awan hitam. Rasanya aku suduh cukup bercerita tentang BATMAN kepadamu, sebentar lagi waktu dzuhur dan saatnya aku kembali menuju tempat yang aku cintai, masjid Ad-Dua.


Jadilah engkau seperti Batman, yang berhasil mengolah dan memahami makna sebuah kelemahan sang diri, kemudian dipergunakan untuk kemuliaan dan keberhasilan kehidupanmu.

Semoga Allah memberikan cahayaya ke dalam dadamu, dan semoga Allah senantiasa melindungimu, karena Dia mencintaimu.

Sudah dulu yah…….

Your Brother…
Rafi Ramadhani Yusuf

1 comment:

Pipi said...

AWW.jazakallah Aa Rafi .. hiks..hiks.. jadi pengen nangis, alhamdulillah mpi dapet saudara yang perhatian sama mpi meski hanya berkenalan di dunia maya ^ ^.Makasih yaah ^ ^,IA tetap semangat v(^o^)v