Wednesday, May 17, 2006

......B O X E R......


Karakter dasar ku sebenarnya adalah pendiam dan pemalu. Aku juga tidak pernah membuat masalah, bermusuhan, apalagi berkelahi. Dipukul maupun memukul rasanya belum pernah aku lakukan. Walaupun demikian, sejak kecil aku sudah suka dengan dunia beladiri. Sejak kecil aku suka film-film silat, kungfu dan film-film beladiri lainnya, makanya bintang film idolaku adalah : Bruce Lee, Jet Lee dan yang terbaru adalah tokoh utama dalam film ONG – BAK (Film Thai BOXING).

Ketika aku memasuki bangku SMA, sebenarnya aku ingin ikut beladiri. Kalau tidak salah waktu itu aku tertarik untuk ikut KATEDA (PSTD). Tetapi keinginan ini harus terkubur dalam hati, karena letak SMA tempat sekolahku yang terlalu jauh dari rumah, sehingga ibu ku tidak menyetujui jika aku ikut ekstrakurikuler yang harus pulang sore/malam.

Barulah ketika kuliah tingkat 1, untuk pertama kalinya aku berhasil ikut ekstrakurikuler beladiri, waktu itu aku ikut MERPATI PUTIH. Sayangnya aku hanya bisa bertahan satu tahun, karena ketika memasuki tingkat II, aku pindah ke Kampus Darmaga. Jadi agak jauh dengan tempat latihanku di Kampus Taman Kencana. Selain itu, aku mulai aktif berorganisasi sehingga waktu hari minggu lebih sering aku pergunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan organisasi, rapat dan sejenisnya. Sayang memang, padahal aku sebenarnya suka ilmu-ilmu di perguruan MERPATI PUTIH.

Photobucket - Video and Image Hosting

Setelah aku lulus kuliah dan mulai belajar bekerja, aku bergabung di tim kepanduan. Di kepanduan inilah aku mulai merasa jika ilmu bela diri sangat aku butuhkan, bukan hanya untuk kepentingan diriku sendiri saja, tetapi juga untuk kepentingan dakwah. Pada akhirnya aku mulai ikut latihan Tsufuk Tifan Pok Han. Tapi inipun tidak berlangsung lama, paling hanya setahun itupun lebih sering bolos. Waktu itu aku bekerja di sebuah konsultan di Jakarta, jadi seringkali pulangnya terlalu malam dan kelelahan, sehingga tidak bisa latihan. Jujur, aku akui jika beladiri Tifan sangat bagus, lengkap pokonya dan hebat deh. Disini sangat lengkap karena selain diajarkan pertarungan Stand Up Fighting juga diajarkan pertarungan Ground Fighting. Tapi masalahnya, bagiku jurus-jurusnya terlalu rumit, banyak dan njelimet. Akhirnya akupun tidak pernah datang latihan lagi.

Suatu ketika, aku diajak oleh adik kelas yang kebetulan tinggal satu kost – an di sekitar Kampus Darmaga, “Ayo Kang..kita ikut BOXER (TARUNG DERAJAT) yu !!!!!!”. Entah kenapa aku tiba-tiba merasa tertarik dan ingin mencobanya. Aku memang tidak begitu tahu tentang BOXER, tetapi yang aku dengar, BOXER ini asli buatan orang indonesia (Aa Boxer dari Bandung). Cirinya adalah : keras, fisik murni, dan tekniknya merupakan beladiri praktis tarung jalanan yang tidak terlalu rumit dan njelimet. Dari sejarahnya, pencipta BOXER yaitu Aa Boxer (Drs. GH Ahmad Dradjat) adalah memang mantan petarung jalanan.

Sejak itulah, akhirnya aku mulai rajin latihan dan alhamdulillah sampai sekarang. Insya allah, jika ada umur panjang aku akan tetap latihan sampai kapanpun. Aku memang merasakan banyak manfaat : aku merasa lebih sehat dan bugar (kata orang sih..badanku jadi kelihatan KEKAR, TEGAP & GAGAH, he-he..geer), disamping tentunya aku memiliki ilmu beladiri yang bermanfaat untuk menjaga diri juga untuk aktifitas dakwahku, terutama di tim kepanduan.

Persaudaraan, ini barangkali manfaat yang sangat aku syukuri. Ketika aku harus pindah ke Lampung karena urusan pekerjaan, aku melanjutkan latihan di Satlat UNILA. Tanpa terasa akhirnya aku jadi memiliki banyak teman yang sudah seperti saudara-saudaraku sendiri, jadi walaupun aku tinggal jauh dari keluarga tapi aku tidak lantas menjadi kesepian.

Memang banyak cerita, kisah, hikmah dan pengalaman yang ingin aku ceritakan tentang BOXER dan kehidupanku. Antara lain ketika Kelopak atas mata kananku sobek karena terkena tendangan, dan lain-lain. Insya Allah lain waktu akan aku ceritakan.

Ya Rabb..terimaksih atas nikmat yang telah Engkau berikan ini….
Luruskanlah niat dan hati hamba..melakukan semua ini semata karena-Mu…
Dan Semoga semua ini bermanfaat untuk diriku, keluarga, umat dan dakwah ini..amiin..

Thanks to : Kang Dani (pelatihku waktu di Bogor), juga buat Kang Yopi (pelatihku di Lampung).

Keterangan Gambar :
1. Demo Kekuatan Tubuh (biasa..aku bagian yang memanggul orang..he he)
2. Aku ketika memakai baju latihan setelah demonstrasi BOXER di Pameran Pembangunan Lampung di GOR Sumpah PEMUDA).
3. Aku dalm pose menendang (makasih to sahabatku SoeHeri yang membuatnya kelihatan jadi kaya STIKER..artistik..he-he)

1 comment:

the master said...

fotonya bagus, ada lagi gak? tadi abis nyari foto beladiri juga dihttp://www.vcdolahraga.com/beladiri-martial-arts.html tapi kurang cukup