Friday, December 28, 2007

TANGISAN BAYI


Tangisan bayi adalah sebuah hal yang alamiah. Bahkan salah satu pertanda jika bayi dilahirkan sehat adalah ketika pertama kali lahir ke dunia, dia langsung menjerit dan menangis.

Bayi belum bisa ngomong sepertihalnya ketika kita berbicara untuk menyampaikan keinginan dan berkomunikasi. Bahasa bayi melalui tangisan itulah, jika dia laper dan haus minta ASI, ketika dia merasa gak nyaman karena popoknya basah oleh air kencing, ketika dia ga enak badan, ketika dia merasa kesepian, ketika dia merasa takut, ketika dia ingin mendapat perhatian, ketika dia sakit, semuanya ditujukan dengan sebuah tangisan.

Ada mitos dan pendapat yang berkembang di masyarakat, jika kita harus membiarkan saja jika bayi menangis supaya dia nantinya tidak manja. Ternyata setelah aku mencari berbagai literatur di internet, pendapat ini kurang tepat. Bayi adalah makhluk yang suci dan bersih dan dia sama sekali tidak pernah berpikir sedikitpun untuk merepotkan atau mempermainkan manusia dewasa. Jadi jika bayi menangis ya mengalir begitu sajah, alamiah gitu loh.

Justru jika bayi menangis, harus segera kita peluk, kita cium, kita berikan sentuhan kasih sayang serta dicari apa penyebab bayi itu menangis (seperti yang dijelaskan diatas). Jika kita segera merespon tangisan bayi, maka dia akan merasa jika dia memang diperhatikan, disayangi, dan diperlakukan dengan lembut. Insting alamiah memang, tapi manfaatnya akan terasa ketika sang bayi dewasa kelak. Manusia yang dibesarkan dengan kasih sayang, tentu akan berbeda dengan manusia yang tumbuh dengan kekasaran dan tanpa perhatian.

Memang butuh kesabaran ekstra ketika sang bayi menangis, kita kadang gak habis mengerti, apa penyebabnya bayi ini kok jerit-jerit terus. Aku hanya bisa mengatakan semua ini adalah sebuah proses yang sengaja Allah tunjukan kepada manusia. Untuk bisa merasakan betapa beratnya orang tua kita dulu membesarkan kita, adalah dengan merasakan bagaimana proses membesarkan anak kita. Yah sebuah proses sunatullah….. So….dinikmati aja ya Akang..teteh…akhi.. ukhti…he-he..

(Foto diambil tanggal 28 Novmber 07, Usia 5 bulan lebih 1 minggu).

No comments: